contoh PKM-AI



PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

THE INFLUENCE OF ENGLISH SONGS FOR VOCABULARY AND PRONOUNCIATION IMPROVEMENT

BIDANG KEGIATAN:
PKM-AI


Diusulkan oleh:

Edmund                        A1B211240/2011
Novita Dianawati         A1B211205/2011
Novika Amalia              A1B211218/2011


UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2012


HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Kegiatan                                     : The Influence of English Songs for
                                                                  Vocabulary and Pronounciation
                                                                  Improvement
2. Bidang Kegiatan                                 : PKM-AI
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a.              Nama Lengkap                              : Novita Dianawati
b.             NIM                                              : A1B211205
c.              Jurusan                                          : Pendidikan Bahasa Inggris
d.             Universitas                                    : Universitas Lambung Mangkurat
e.         Alamat Rumah dan No Tel./HP : Komplek Persada Raya Jalur 2 Handil                                                                                                                    Bakti/089692197130
f.              Alamat email                                 : Novita.diana@gmail.com
4.    Anggota Pelaksana Kegiatan             : 2 orang
5.    Dosen Pendamping
a.    Nama Lengkap dan Gelar                 :
b.    NIP                                                     :
c. Alamat rumah dan No Telp                :
                                                                       Banjarmasin, 21 November 2012
Menyetujui,
Ketua Program Studi                                     Ketua Pelaksana Kegiatan




                                                                       Novita Dianawati           
NIP.                                                               NIM. A1B211205

Wakil Rektor
Bidang Kemahasiswaan,                                Dosen Pendamping,



                                                                                 
NIP.                                                               NIP.

1

THE INFLUENCE OF ENGLISH SONGS FOR VOCABULARY AND PRONOUNCIATION IMPROVEMENT

Edmund
Novita Dianawati
Novika Amalia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat

ABSTRAK

Banyak orang yang mempelajari bahasa menganggap kemampuan berbicara sebagai ukuran dalam mengetahui suatu bahasa. Mereka memandang berbicara sebagai kemampuan yang paling penting yang dapat mereka capai dalam komunikasi. Terkadang kebiasaan juga dapat mempengaruhi kemampuan orang yang mempelajari bahasa, misalnya seorang siswa yang suka mendengarkan lagu dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan dan kemampuan berbicaranya secara otomatis dan siswa yang menyanyikan lagu berbahasa Inggris biasanya memiliki pengucapan yang bagus dan mendapatkan kosakata baru dari lirik yang ia nyanyikan.
Oleh karena itu, dalam program ini penulis ingin meneliti hubungan antara kebiasaan dalam menyanyikan dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dengan penguasaan pengucapan dan kosakata.
Penulis memilih beberapa mahasiswa dari Program Studi Bahasa Inggris karena mereka bisa dikategorikan sebagai pelajar remaja, dan biasanya mereka menyukai lagu, yang mana menjadikan mereka sebagai subyek yang pantas bagi program kami.
Dan hasil yang diperoleh adalah kebiasaan para mahasiswa mendengarkan lagu berbahasa Inggris telah mempengaruhi kemampuan berbicara mereka, terutama dalam kemampuan penguasaan  kosakata dalam bahasa Inggris dan kefasihan pengucapannya. . Dengan menyanyikan dan mendengarkan lagu, kita bisa belajar untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan fasih. Kita bisa belajar bagaimana mengucapkan dan memahami makna suatu kata dan bagaimana cara menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar. Kita juga bisa mendapatkan lebih banyak kosakata dari lirik lagu.

Kata Kunci: Lagu, pengucapan, kosakata, bahasa Inggris

ABSTRACT
Many language learners regard speaking ability as the measure of knowing a language. They regard speaking as the most important skill they can acquire in communication. Sometimes some habit may also influence language learners’ ability, for example a student who likes listening to songs, improve his listening or speaking skill automatically and a student who sings English song, usually has good pronunciation and can get new vocabularies from the lyrics.

                                2

Therefore in this programme the writers wants to investigate the correlation of habit in singing and listening to English songs and pronounciation and vocabulary mastery.
The writers chooses some students from English Department because they can be categorized as teenage learners, and teenage learner usually like songs, which makes them the appropriate subjects for our programme.
The result is the students’ habit of listening to English songs influences their speaking ability, especially in vocabulary mastery and to pronounce a word fluently. By singing and listening a song we can learn to speak English fluently. We can learn how to pronounce a word, understand the meaning of a word and also how to arrange words into a good sentence. We can also get more vocabulary from the song lyrics.

Keywords: Songs, pronounciation, vocabulary, English       

PENDAHULUAN

Mendengarkan merupakan kegiatan yang mayoritas hanya dianggap pasif dan kurang bisa mengembangkan kreativitas seseorang, karena orang tersebut hanya mendengar, tanpa ada hubungan timbal balik yang mempengaruhinya, seperti layaknya berbicara. Padahal pengaruh mendengarkan sangat baik untuk kita, objektif dengan layaknya seorang bayi ketika pertama lahir di dunia, setelah berbicara, yang kedua yaitu mendengarkan.
Pada kenyataannya kegiatan mendengarkan dapat membantu melatih telinga dan pikiran. Latihan ini dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan, khususnya yang terkait dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang sering digemari oleh semua kalangan, mulai dari bayi yang masih berada dalam kandungan atau janin hingga orang dewasa dan tua.
Orang-orang yang mendengarkan lagu biasanya akan menyerap apa yang ia dengarkan. Siswa yang sedang mempelajari suatu bahasa kemungkinan akan lebih bisa memahami apa yang ia pelajari dengan mendengarkan lagu yang dinyanyikan dalam bahasa yang sedang ia pelajari, misalnya seorang siswa yang suka mendengarkan lagu dalam bahasa tertentu dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan dan kemampuan berbicaranya secara otomatis, dan siswa yang menyanyikannya biasanya memiliki pengucapan yang bagus serta mendapatkan kosakata baru dari lirik yang ia nyanyikan.
Penguasaan kosakata serta pengucapan itu penting dalam mempelajari suatu bahasa, karena kedua hal tersebut berperan penting dalam komunikasi. Tujuan utama komunikasi adalah untuk mencapai suatu tujuan, seperti menerima suatu pesan, mendapatkan informasi, atau menyatakan pendapat. Dalam komunikasi yang nyata, peserta komunikasi harus bisa memahami apa yang dikatakan lawan bicaranya. Dalam mencapai tujuan mereka, para peserta harus bisa memastikan maksud mereka atau mengkonfirmasikan sesuatu untuk pemahaman mereka. Untuk melakukan hal ini, para peserta komunikasi harus


3


memiliki kemampuan berbicara yang memadai dalam bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.
Sebagian orang yang mempelajari bahasa tertentu memandang kemampuan berbicara sebagai ukuran yang menentukan kemampuan seseorang dalam menguasai suatu bahasa. Mereka memandang kemampuan berbicara sebagai kemampuan yang paling penting dalam komunikasi.
Khususnya dalam lingkungan penulis yang sedang mempelajari bahasa Inggris, maka yang akan diteliti dalam program ini adalah lagu berbahasa Inggris, yang mana kami akan mencari tahu apakah terdapat hubungan antara kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dengan kemampuan penguasaan  kosakata dalam bahasa Inggris dan pengucapannya.

TUJUAN

Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkap seberapa besar pengaruh kebiasaan para mahasiswa mendengarkan lagu berbahasa Inggris terhadap kemampuan mereka dalam menguasai kosakata bahasa Inggris dan pengucapannya. Serta untuk memperbaiki pengucapan kata dan menambah kosa kata bahasa inggris. Jika seseorang yang sering mendengarkan lagu  berbahasa inggris mereka lebih dominan  menyukai dan berminat untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kepada mahasiswa program studi Bahasa Inggris, kami menyebarkan selebaran berisi beberapa pertanyaan sebagai tolak ukur dalam penelitian kami. Kami berharap hasil penelitian ini bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai salah satu variasi cara mengajar kami ketika menjadi guru nanti. Sebagai contohnya dengan memperdengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Selain itu manfaat dari mendengarkan lagu juga akan mengasah kemampuan listening siswa dan memperoleh wawasan baru mengenai apa yang mereka dengar.
       
METODE

Tahapan pelaksanaan penelitian ini melalui beberapa tahap.  Pertama yaitu melakukan perincian secara khusus terhadap masalah yang diangkat sebagai permasalahan pokok dalam penulisan artikel ilmiah ini.
Kedua, mengumpulkan dan mengolah masalah, mengumpulkan sumber-sumber terkait dengan masalah yang diangkat. Kami memilih sejumlah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari program studi bahasa Inggris di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin sebagai subyek penelitian. Pengumpulan sumber dilakukan dengan cara menggunakan beberapa lembar kertas yang berisi sejumlah pertanyaan mengenai apa yang menjadi pokok permasalahan dalam artikel ilmiah ini. Kertas-kertas tersebut kemudian dibagikan kepada tiap-tiap subyek untuk dijawab. Kemudian jawaban-jawaban mereka dikumpulkan sebagai sumber untuk dianalisa.

4

Ketiga, menganalisa dan membahas sumber yang telah diperoleh dari subyek dengan cara membandingkan jawaban dari masing-masing subyek dan mencari hasil analisa, yang mana hasil tersebut akan dijadikan kerangka untuk membuat artikel ilmiah.
Keempat, mengembangkan kerangka yang telah diolah berdasarkan sumber-sumber yang diperoleh menjadi sebuah artikel ilmiah dengan menggunakan pedoman pembuatan PKM-AI sebagai panduan.
Kelima, yaitu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing dan merevisi artikel ilmiah ini sesuai saran dan kritik yang diberikan oleh dosen pembimbing.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Berikut adalah hasil dari pertanyaan yang telah kami sebarkan kepada para subyek:

Pertanyaan
Jumlah subyek yang memberikan skor
Ya
Kadang-kadang
Tidak
Seberapa sering anda mendengarkan lagu berbahasa Inggris?
17
2
1
Pernahkah anda memperhatikan pengucapan kosakata dalam lagu tersebut?
16
3
1

Pengaruh lagu berbahasa Inggris terhadap:
Jumlah subyek yang memberikan skor
1
2
3
4
5
Perbendaharaan kosakata
0
1
8
5
6
Kefasihan pengucapan
0
3
9
3
5
Kemampuan berbicara
0
3
9
3
5

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris ternyata memiliki penguasaan kosakata yang lebih banyak dan pengucapan mereka menjadi lebih baik. Hampir semua subyek yang kami teliti memiliki kebiasaan mendengarkan  lagu-lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris. Mereka yang menyukai mendengarkan lagu-lagu tersebut juga cukup sering memperhatikan kosakata baru yang terdapat di dalam lirik yang mereka sukai dan juga memperhatikan bagaimana cara mengucapkan kosakata tersebut dengan benar, dan bahkan mungkin juga dengan aksen yang berbeda-beda, tergantung penyanyi dari lagu yang mereka dengarkan. Kemudian, sebagian besar subyek menyatakan bahwa kebiasaan mereka mendengarkan lagu berbahasa Inggris berpengaruh terhadap perbendaharaan

5

kosakata baru, dan cukup berpengaruh terhadap kemampuan dalam pengucapan dan kemampuan berbicara mereka.
Pengaruh yang didapatkan para subyek tentunya berdampak positif, mereka menjadi mendapatkan lebih banyak kosakata dan istilah-istilah yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Dengan mendengarkan lagu, mereka juga belajar untuk mendengarkan kata-kata yang diucapkan oleh penyanyi, dan dengan menyanyikan lagu tersebut, mereka juga belajar bagaimana mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar, tetapi dalam cara belajar yang mungkin lebih menyenangkan bagi mereka daripada mempelajarinya di kelas. Selain itu, ada pula hal-hal yang dapat dipelajari dari lagu tapi tak didapatkan dari pelajaran kuliah mereka, misalnya kosakata dan istilah yang biasanya digunakan dalam suatu konteks atau keadaan tertentu yang tidak tercantum dalam isi pembelajaran yang diajarkan dalam pendidikan formal.
Sebagian metode pembelajaran yang diterapkan bisa saja memberi keuntungan pada siswa dalam bentuk pemahaman yang berhasil mereka capai. Namun tidak semua siswa akan mencapai hal tersebut. Perlu diingat bahwa strategi pembelajaran formal tidak selalu berhasil sepenuhnya karena tak semua siswa bisa memahami apa yang mereka pelajari hanya dengan mendengarkan dan menulis catatan. Tiap siswa berpikir dan belajar dengan cara yang berbeda-beda. Mereka memiliki tingkat kepandaian yang berbeda-beda dalam menguasai kemampuan-kemampuan tertentu. Merekapun memiliki pola pembelajaran yang berbeda-beda. Sebagian siswa memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda-beda terhadap aktifitas pembelajaran di dalam kelas, tetapi lagu biasanya bisa menarik perhatian seseorang untuk waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, mendengarkan lagu berbahasa Inggris bisa dijadikan salah satu alternatif dalam menguasai kemampuan berbahasa tertentu untuk melengkapi apa yang telah diajarkan dalam pembelajaran formal.

KESIMPULAN

Berdasarkan  hasil yang telah kami peroleh, kami menyimpulkan bahwa kebiasaan para mahasiswa mendengarkan lagu berbahasa Inggris telah mempengaruhi kemampuan berbicara mereka, terutama dalam kemampuan penguasaan  kosakata dalam bahasa Inggris dan pengucapan mereka menjadi lebih baik. Dengan menyanyikan dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, kita bisa belajar untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan fasih. Kita juga bisa belajar bagaimana mengucapkan dan memahami makna suatu kata dan bagaimana cara menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat yang benar. Kita juga bisa mendapatkan lebih banyak kosakata dari lirik lagu, serta mengenali kapan saja digunakannya kata-kata tersebut.

Ucapan Terima Kasih

Rasa terima kasih kami ucapakan kepada Tuhan SWT karena atas ridhonya kami dapat menyelesainkan artikel ilmiah ini. Kepada Dekan unlam
                                                                                                         6

yang telah memberikan izin kepada kami untuk melakukan penelitian ini. Kepada teman-teman yang telah memberikan support dan dukungan kepada kami serta membantu dalam kelancaran tugas kami dan bersedia menjadi subjek penelitian.
Semoga artikel penelitian ini dapat bermanfaat dan memberikan sumber informasi sebagai bahan penelitian. Demikian yang dapat kami sampaikan kami ucapkan terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Deasy. 2008. Early Learning & Schooling. Yogyakarta: Kanisius.Kasdu, Dini. 2004. Anak Cerdas. Jakarta: Puspa Swara

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Best Publisher.

Djohan. 2006. Teori Musik, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galangpress.

Ortiz, John M. 2002. Nurturing Your Child with Music. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sheppard, Philip. 2007. Music Makes your Child Smarter. Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

My hobby is playing football